Senin, 22 Oktober 2007

Kaedah Meradiasi Makanan Menjelaskan kesehatan?

No.k-01

Kaedah Meradiasi Makanan Menjelaskan kesehatan?

Oleh: Damaris SMA Widya Wacana

Meradiasi makanan kini menjadi satu cara untuk mengawet makanan.dengan cara meletakan makanan pada pancaran gamma.Tujuannya ialah untuk melanjutkan tempo ketahanan dengan membunuh serangga, bakteri dan microorganisme lain.


Dos yang dimaksut disini amat tinggi yaitu bersamaan dengan 300 juta X-ray.

Dos bergantung pada jenis makanan:

  • Buahan dan sayuran boleh dibedakan kepada 100,000 rad.

  • Daging ayam itik sehingga 300,000 rad (atau bersamaan 30 juta X-ray dada).

  • Rempah sehingga 3,000,000 rat (atau 300 juta X-ray)


Adakah berkesan untuk nmengawet makanan?


Pihak pencadang mendakwa proses itu lebih sehat karena penyinaran menjadikan makanan tahan lebih lama tanpa memerlukan pengawet kimia, racun mahluk perusak, pengasapan dan proses-proses lain yang diketahui membahayakan.


Bergantung pada dos, sinaran itu boleh membunuh bakteri, virus, cendawan dan kulat serta organisme kecil lain yang merusak makanan.semua makanan akan terjangkit bakteri, kecuali makanan yang dibungkus dalam bungkusan yang rapat kemudian disejukkan.


Masalah lainnya ialah sejumlah besar bakteri atau virus dibunuh, yang selamat akan bebas membiak dengan cepat, sebab ia tidak dihalangi oleh pesaing.Didalam makanan yang tercangkit bakteri akan memiliki bau, rasa, tekstur yang tidak menarik.




Adakah makanan radiasi berkhasiat?


Proses radiasi memusnahkan kebanyakan dilakukan pada vitamin, terutama vitamin A,C, E, dan tiamina.Pada jenis makanan dan dos radiasi akan kehilangan vitamin sampai 30 % lebih.biasanya terjadi pada jus buah.makanan yang mengalami radiasi dalam tempo panjang akan kehilangan vitamin lebih banyak.


Adakan makanan radiasi selamat?


Melalui kaedah radiasi, makanan akan mengalami perubahan kimia.Ia boleh merusak sel-sel tubuh dan menggalakan kanser.selain itu juga dapa menimbulkan penuaan pada kulit dan tubuh.Radikal bebas yang bergabung dengan zat kimia lain dapat menimbulkan racun yang berbahaya.Contohnya di india, ada kanak-kanak yang kekurangan zat, dan kemudian diberi makanan gandum yang kemudianmenghasilkan pengkajian kromosom anak yang menyebabkan leukimia.


Kenapa pengeluar gemarkannya?


Makanan radiasi yang masih kelihatan segar walaupun sudah disimpan beberapa bulan, tapi kita tidak dapat membedakan mana makanan yang masih segar atau sudah rusak.makanya itu para konsumem yang mengonsumsi makanan tersebut mudah diperdaya oleh penjual.Contohnya britain dulu pada tahun 1986 pernah membawa masuk udang yang sudah dibekukan tetapi ditolak sebab udang tersebut mengandung banyak bakteri.


Bagaimana hendak tahu makanan diradiasi?


Anda tidak akan tahu kalau makanan tersebut diradiasi, sebab kebanyakan para pengguna hanya bergantung pada produsen tidak pernah meneliti terlebih dahulu makanan yang akan dikonsumsi melalui ciri-ciri yang ada.Produsen tidak akan mencetak kata “RADIASI” pada label, sebab jika terjadi seperti itu pasti para pengguna tidak akan menggukannya lagi.


RENGAWETAN MAKANAN DENGAN IRADIASI


Dalam teknik ini kita dapat menggunakan gelombang elektromagnetik yang bertujuan mengurangi kerusakan dan pembusukan, serta membasmi mikroorganisme yang dapoat menimbulkan penyakit.Dan juga harus memperhatikan batasa-batasan dalam melakukan tehnik ini.

Pada saat penelitian akan dilakukan pada makanan yang siap saji yang bertujuanuntuk menemukan perbedaan proses iradiasi terhadap makanan yang siap saji dan makanan yang mengalami proses iradiasi sejak masih mentah.

Dalam pengawetan ini kita harus memperhatikan dosis, dosis harus disesuaikan pada jenis makanan yang digunakan.Dalam menentukan dosis harus pas, tidak bolel kurang atau tidak bokleh lebih.

Dalam pengukuran dosis harus menggunakan sistem dosimetri.Dosimetri merupakan metode pengukuran metode serap (absorsi).


ASPEK GIZI


Pengawetan makanan dengan menggunakan iradiasi sudah terjamin jika tidak melebihi dosis.Dilihat dari aspekgizi, makanan yang diiradiasi dikhawatirkan akan mengalami perubahan zat kimia.Jika dilihat dari aspek kimia, pada pengawetan harus diperhatikansupaya tidak terjadi makro nutrisi.Selain itu iradiasi tidak dapat dikenali debngan cara pengelihatan, penciuman, perabaan.Satu-satunya cara untuk mengetahui dengan cara menyertakan label atau logo.






Tidak ada komentar: