Senin, 22 Oktober 2007

MACAM-MACAM GIZI UNTUK ASUPAN BALITA DAN ANAK-ANAK

k-10

MACAM-MACAM GIZI UNTUK ASUPAN BALITA DAN ANAK-ANAK

Oleh: Dwi Nuryanti


1.Pendahuluan

1.1 Latar belakang

Pada jaman sekarang ini semia makanan mulai disajikam dengan cara instant da makan yang harus diolah terlabih dahulu mulai berkurang peminatnya . Progam EMPAT SEHAT LIMA SEMPURNA kini kian luntur . Pada hal gizi tersebut sangat diperlukan oleh butuh . Gizi etrsebut sangat diperlukan untuk anak-anak dan para balita . Seharus para orang tua yang mempunyai anak-anak balita harus memperhatikan hal tersebut

Para pakar kesehatan dari berbagai fakultas ternama sudah banyak yang mengakatakan bahwa program persebut mulai luntur . Hal ini dipicu karena para orang tua suka makanan siap saji , kerena hal ini dipicu prakttisnya dan menghemat waktu .Pada hal kandungan gizi didalam makanan itu sangat sedikat dan didalamnya terdapat bahan pengawet yang berbahaya untuk tubuh .

Daru permasalahan dan pemikiran diatas, upaya untuk mempertahankan program tersebut dengan cara memberikan pekertian, penjelasan, dan gambaran tentang betapa pentingnya giziz untuk tubuh dan program tersebut untuk keseharian kita . Maka dari itu saya membutuhkan bantuan dari para pembaca terhormat karya ilmiah untuk menyadari hal itu dan mohon batuannya .Atas seizi Allah SWT . saya diizinkan untuk membuat karya ilmiah tersebut .


2 Permasalahan

Masalah yang ingin saya utarakan adalah para orang tua yang tidak memperdulikan gizi untuk para balita dimasa-masa pertumbuhan dan perkembangan otak pada balita. Banyak orang tua yang memilih makanan siap saji, padahal gizi didalam makanan tersebut sangat minim atau mungkin malah tidak ada sama sekili gizi yang dibutuhkan. Banyak sekali macam-macam gizi antara lain karbohidrat, protein, lemak, mineral, air, dan masih banyak lagi. Semua gizi tersebut harus terpenuhi untuk tubuh kita. Makanan yang kita konsumsi didalamnya harus terdapat gizi yang sudah saya katakan. Makan yang kiya konsumsi yang baik antara lain nasi, jagung, kentang, sayuran, lauk pauk baik nabati maupun hewani (telur, daging sapi, ayam), buah (jeruk, pepaya, mangga, semangka, dan lainnya), serta jangan lupa susu untuk sentuhan terakhir. Itu semua adalah makan EMPAT SEHAT LIMA SEMPURNA. Makan tersebut sangat diperlukan bagi tubuh kita.


3. Tujuan

Tujuan saya membuat karya ilmiah adalah :

  1. Menjelaskan, memberitahukan betapa petingnya program EMPAT SEHAT LIMA SEMPURNA .

  2. Macam-macam gizi yang dioerlukan oleh tubuh .

  3. Menanamkan gaya hidup sehat kkepada masarakat


4. Kajian literatur .

Makanan merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi setiap hari . Oleh karena itu, kita memerlukan makanan yang dapat memenuhi semua kebutuhan. Mkanan sangat berperan penting untuk tubuh karena makanan sebagai sumber tenaga dan energi. Makanan yang mengandung semua zat yang dibutuhkan tubuh disebut makanan bergizi.

Makanan bergizi tidak harus mahal dan lezat, tapi cukup mengandung zat-zat yang diperlukan tubuh. Dan cara pemasakan yang terlalu lama akan membuat kandungan gizi didalam sayuran akan hilang. Beberapa zat yang diperlukan oleh tubuh, antara lain karbogidrat, lemak, protein, air, mineral, vitaman,dan banyak lagi. Oleh karena itu, makanan yang dibutuhkan tidak hanya mengenyangkan tetapi harus mensehatkan.

Karbohidrat ialah sebatian organik besar terdiri dari pada unsur-unsur karbon, hydrogen, dan oksigen. Karbohidrat disebut juga hidrat arang. Karbohidrat dibentuk oleh tumbuhan hijau melalui fotosintetis. Fungsi utama karbohidrat dalam organisme adalah membekalakn tenaga/ menhasilakn energi. Karbohidrat diperlukan untuk menjaga kehangatan badan, menghasilkan energi, dan memberi rasa kenyang. Tiga kumpulan karbohidrat ialah minosakarida, disakarida,dan polisakarida. Monosakarida manis dan larut dalam air. Ia terdiri dari pada glukosa, fruktosa, dan galaktosa. Disakarida terdiri dari pada maltosa, sukrosa, dan laktosa . Ia manis dan larit dalam air. Polisakarida tidak larut dalam air kecuali glikogen yang larut didalam air.Ia terasa manis. Contoh polisakarida ialah kanji, selulosa, dan glikogen. Bhan makanan yang mengandung korbohidrat antara lain beras, jagung, gandum, umbi-umbian, kentang, dan lainnya. Energi yang dihasilakan karbohidrat digunakan untuk beraktiviats, baik untuk aktivitas di luar tubuh maupun didalam tubuh kita. Contoh aktiviats di luar tubuh adalah berlari, bekerja, belajar, dan lainnya. Contoh aktivitas didalm tubuh adalah mencerna makanan, mengedarkan darah, bernafas, dan lainnya.

Protein terdiri dari pada unsur-unsur karbon, hidrogen, oksigen, dan nitrogen. Monomer bagi protein adalah asid amino. Dua kelas asid amino perlu dan asid amino tidak perlu. Asid amino perlu adalah asid amino yang tidak dapat disintetiskan dalam sel, contohnya leusenia, dan lisina. Asid amino yang tidak perlu adalah asid amino yang boleh disintetisakn dalam sel. Ia tidak perlu diperolehi dari gizi makanan. Contohnya alaninia. Dua kelas protein ialah protein kelas pertama, dan protein kelas kedua. Protein kelas pertama adalah protein yang mengandung semua 10 jenis asid amino yang diperlukan oleh tibuh kita. Ia terdapat pada daging, ikan, susu, dan telur. Protein kelas kedua pula merupakan protein yang tidak mengandung semua asid amino yang tidak perlu. Ia terdapat dalam protein tumbuhan separti sayuran, kacang-kacangan, dan buah-buahan. Protein ada nabati dan protein hewani. Protein nabati conohnya kacang-kacangan (kacang panjang, kedelai), buncis,. Protein hewani contohnya susu, keju, telur, ikan, udang, dagibg, dan lainnya. Protein disebut juga dengan zat putih telur. Makanan yang mengandung protein biasanya cepat busuk. Dan makanan yang sudah busuk biasanya mberubah menjadi racun. Untuk mengatasi hal itu, bahan makanan sumber protein sebaikanya dikonsumsi dalam keadaan segar.

Lemak didalam tubuh kita, berfungsi sebagai energi, melarutkan vitamin A, D, E, dan K, pelumas persandian tubuh, menghaluskan kulit, dan cadanga makanan. Adadua jenis lemak, yaitu lemak nabati dan lemak hewani. Lemak nabati merupakan lemak yang berasal dari tumbuhan, misalnya kacang-kacangan, kedelai, kacang tanah, kelapa, dan minyak kelapa. Ada pun lemak hewani merupan lemak yang berasal dari hewan, misalnya susu, dagaing, telur. Lmek sering disebut dengan hewan gemuk. Jika banyak menkonsumsi lemak secara berlebihan, maka badan kita akan menjadi gemuk. Kelebihan lemak disimpan dibawah kulit kita.

Air sangat kita butuhkan setiap hari. Lebih dari 60% tubuh kita terdiri atas air. Air didalam tubuh kita sangat berguna untuk melarutkan zat-zat makanan, melancarkan pencernaan makanan, dan menstabilkan suhu tubh. Jika tubuh kita kekurangatn air, tubuh kita akan lemas, tidak bertenaga, dan terasa kekeringan air. Setiap hari tubuh kita memperlukan air. Air kelur dari tubuh kita melalui air seni, keringat, feses, dan uap air sisa pernafasan. Setiap hari kita kehilangan air. Oleh karena itu, kita harus mengganti kehiangan air dengan cara minum secukupnya / minum-minuman yang mengandung penambah ion. Air yang kita minum hendaknya air bersih dan harus matang. Pda kondisi normal, tubuh kiya memerlukan air sekitar 2,5 liter setiap hari. Kita juga bias memperoleh air dari buah-buahan serta sayur-sayuran. Beberapa buah dan sayur yang mrngandunga air didalamnya adalah papaya, semangka, jeruk, dan sawi.

Mineral diperluka oleh tubuh dalam jumlah sedikit. Walaupun demikain, mineral harus selalu ada dalam makanan kita makan. Di dalam tubuh, mineral berfungsi sebagai zat pembentuk (pembangun) dan penatur. Jika kekurangan mineral, kesehatan dalam tubuh akan terganggu. Beberapa mineral yang dibutuhkan oleh tubuh kita, antara lain

  1. zat besi berguna untuk sel-sel darah merah. Zat besi banyak terkandung dalam daging, hati, kuningan telur, kedelai, dan sayuran hijau. Kekurangan zat besi mengakibatkan penyakit kurang darah.

  2. Zat kapur digunakan untuk membentuk tulang dan gigi. Selain itu, zat kapur juga diperlukan dalam proses pembekuan darah pada saat terluka. Zat kapur banyak terkandung dalam susu, ikan, dan telur. Zat kapur juga disebut kalsium.

  3. Zat foafor digunakan untuk pembentukan tulang dan sel-sel tubuh. Kekurangan zat fosfor mengakibatkan pertubuhan badan terganggu.Zat fosfor banyak terkandung dalam daging, susu, telur, sayur-sayuran, dan biji-bijian.

  4. Zat yodium berguna untuk mencegah penyakit gondok. Kekurangan zat yodium mengakibatkan penyakit gondok. Zat yodium terdapat pada garam beryodium, sayuran, dan ikan laut.

  5. Zat fluor berguna untuk menjaga kesehatan gigi. Kekurangan mengakibatkan gigi berwarna coklat dan rapuh. Zat fluor banyak terdapat di kunung telur, susu, dan otak.

Vitamin merupakan sekumpulan zat yang berasal dari luar tubuh yang diperlukan tubuh kita agar tetap sehat. Vitamin bukan merupakan sumber tenaga, tetapi mengatur proses di dalam tubuh. Meskipun demikian, vitamin sangat besar peranannya. Kekurangan vitamin biasanya mengakibatkan seseorang mudah terserang penyakit. Penyakit yang disebabkan kekurangan vitamin disebut Avitaminosis. Kelebihan vitamin juga tidak baik untuk tubuh, kelebihan vitamin disebut Hipervitaminosis.

Macam-macam vitamin yang diperlukan olah tubuh antara lain :

  1. Vitamin A berguna untuk menjaga kesehatan mata, menjaga kesehatan kulit, dan mempertinggi daya tahan tubuh terhadap infeksi. Kekurangan vitamin A mengakibatkan penyakit rabun senja. Vitamin A banyak terkandung pada sayuran dan buah-buahan yang berwarna merah atau jingga, misalnya papaya, wortel , dan tomat. Selain itu, vitamin A juga terdapat dalam susu, ikan, dan hati.

  2. Vitamin B mempunyai beberapa jenis vitamin B1 berfungsi membantu metabolisme karbohidrat dan mengatur keseimbangan air dalam jaringan tubuh. kekurangan vitamin B1 mengakibatkan penyakit beri-beri. Vitamin B1 terdapat pada kulit ari beras, kacang hijau, sayuran, otak, dan susu.Vitamin B2 banyak terdapt pad ragi, telur, susu, dan hati. Kekurangan vitamin B mengakibatkan penyakit Katarak, Dermatitis, dan lainya. Vitamin B6 berfungsi untuk memnbantu tubuh dalam metabolisme pritein. Kekurangan vitamin B6 mengakibatkan Pelagran. VitaminB6 terdapat pada telur, daging, susu, kentang, kubis.

  3. Vitamin C berfungsi untuk pembentukan dan pemeliharaan zat perakat tubuh (serat kolagen) yang menikat sel-sel tubuh. Kekurangan vitamin C menyebabkan penyakit Skorbut. Skorbut ditandai dengan pendarahan gusi, gigi mudah goyah,. Vitamin C terdapat pada jeruk, nanas, papaya, pisang.

  4. Vitamin D terdapat pada sinar matahari, minyak ikan, mentega, susu, kuningan telur, berfunsi sebagai mengatur kadar zat kapur, dan fosfor dalam darah.

  5. Vitamin E berperan dalam system reproduksi, yaitu mencegah kemandulan, mencegah pendarahan pada wanita hamil. Vitamin E banyak terdapat pada kecambah, telur, susu, nmentega, biji-bijian, dan sayuran hujau.

  6. Vitamin K berperan dalam pembentukan protrobin didalam hati. Vitamin K terdapat pada hati, biji-bijian, dan sayuran hijau .Kekurangan vitamin K menyebabkan peredaran dan darah sukar membeku.

Gizi terdapat pada makanan yang kita makan setiap hari, seperti nasi, jagung, kentang, ikan, daging ayam, sapi, telur, tempe, tahu, sayuran (kangkung, bayam, kol, wortel, kacang pajang, dan lainnya), jeruk, pepaya, mangga, dan susu, itu semua makanan yang disebut dengan Empat Sehat Lima Sempurna. Makanan itu berfungsi untuk membantu pertumbuhan tubuh, perkembangan otak, untuk berfikir, untuk melakukan aktivitas. Maka dari itu para orang tua balita mulailah dari sekarang pilihlah makanan yang banyak mengandung gizi dan janganlah memilih makanan yang siap saji karena makanan itu mengandung bahan pengawet yang sangat berbahaya untuk tubuih. Cara memesak makanan jangan terlalu masak hal itu akan membuat gizi dalam makanan akan hilang, dan pilihlah makanan seimbang untuk kita konsumsi setiap hari.


5. Simpulan dan saran

5.1 Simpulan

Simpulan yang saya dapat adalah untuk memperhatikan makanan yang akan diberikan kepada balita, para pakar kesehatan seharusnya memperhatiakn gizi untuk balita agar balita di Indonesia ini tidak mengalami gizi buruk. Karena sudah banyak balita di Indonesai yang mengalami gizi buruk kurang lebih 1,7 juta.tersebar diNusantara. Mulailah dari sekarang kita menyadari hal ini secaara dini. Kita tidak mungkin membiarkan hal ini bertambah lagi.


5.2 Saran

Kita warga Indonesia seharusnya memperhatikan hal ini untuk kemajuan Negara kita. Dan saya butuh bantuan para pembaca karya ilmiah yang terhormat, para departemen kesehatan, para warga masyarakat, untuk menyadari hal itu.

Para orang tua yang mempunyai balita mulailah dari sekarang memilih makanan yang sehat, jaglah kebersihan pada makanan yang akan kita makanan. Kurangi mengkonsumsi makanan siap saji, banyak makan buah, sayur, dan jangan lupa susu.


Pustaka acuan.

www.p3gizi.litbang.depkes.go.id

www.gizi.net

www.pom.go.id

buku panduan IPA,(tiga serangkai),


Biodata

Dwi Nuryanti, lahir di Surakarta,8 November 1991. Pendidikan formal dimulai dari SD Negeri 11 Sondakan, SMP Negeri 10 Surakarta, SMA Batik 2 Surakarta, dan sampai sekarang masih duduk dikelas XI.






Tidak ada komentar: